i http://agacollection.blogspot.com/ Tahukah Anda... »» (?)

Minggu, 02 Januari 2011

Living English Tenses: Appendix 3


Aga Collection
Tempat Pemesanan Pakaian Terlengkap & Termurah Celana Legging, Hotpants, Sontok, Kolor, Aladin) Panjang / Pendek dan Kaos ('Tersanjung', Singlet, Batik)
Cipayung, Depok, Jawa Barat, Indonesia, Kode Pos 16437, 
HP.: 081281821603,   E-mail:

Produk-produk berkualitas kami terdiri dari berbagai macam kualitas sesuai pesanan Anda.
LIVING ENGLISH TENSES: APPENDIX 3. List of Irregular Verbs
by D.A. Satriadi
 
Apa yang akan Anda jumpai pada tulisan ini?
Jika Anda merasa dan berpendapat tulisan ini bermanfaat dan berdayaguna untuk dijadikan sebagai bahan studi (pembelajaran dan perbandingan), namun di sisi lain perlu adanya revisi atau perbaikan isi dan penampilan.... Agar setiap catatan dan tulisan ini lebih bermakna untuk kepentingan khalayak, melalui pesan singkat ini Penulis berharap ada pembaca yang ikhlas dan siap menyisihkan untuk donasi via link PayPal di bawah ini. Dengan tidak mengurangi rasa keikhlasan dan hormat penulis kepada Anda, pengunjung yang budiman dan dermawan, terima kasih atas partisipasi yang telah diberikan. Salam sukses selalu.



Pendahuluan - untuk pelajar
            Banyak sekali orang yang mempelajari Bahasa Inggris yang khawatir sekali berkenaan dengan  tenses. Seandainya Anda menghentikan 100 (seratus) penutur asli Bahasa Inggris di jalanan dan menanyakan kepada mereka tentang tenses ini, salah satu dari mereka mungkin memberikan sebuah jawaban cerdas – itupun jika Anda beruntung. Sisanya yang 99 (Sembilan Puluh Sembilan) hanya mengetahui sedikit tentang istilah-istilah seperti "past perfect" atau "present continuous". Dan mereka tidak akan mengetahui hal yang berkenaan dengan aspek, kalimat atau rasa (mood). Tapi, mereka dapat berbicara Bahasa Inggris dengan lancar dan berkomunikasi dengan efektif. Tentu saja, untuk Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua (English as a Second Language – ESL) akan terasa membantu mengenal beragam tenses, namun hal tersebut jangan menghantui pikiran. Jadilah seperti para penutur tadi! Berbicaralah secara wajar dan alamiah!
            Living English Tenses adalah sebuah tulisan, yang bukan saja sebagai dewi penolong, tetapi juga merupakan tulisan referensi dan latihan lengkap tentang Tenses Bahasa Inggris bagi para pelajar yang diracik untuk Anda yang ingin memperdalam banyak hal tentang kalimat satu dengan lainnya di dalam TENSES.
            Tulisan ini dapat membantu dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda, seperti:
  • Unsur-unsur apa sajakah yang terdapat di dalam suatu kalimat sederhana?
  • Bagaimana penerapan jenis-jenis kata di dalam pola kalimat sederhana?
  • Bagaimana pembuatan pola kalimat setiap tenses?
  • Kapankah kita dapat menggunakan The Simple Present Tense, The Simple Past Tense, The Simple Future Tense, The Past Future Tense, The Past Future Tense, dan seterusnya?
  • Kata kerja apa sajakah yang secara umum tidak dapat digunakan dalam bentuk Continuous?
Pertanyaan-pertanyaan lainnya dapat dijawab oleh tulisan ini.

Tingkat

            Tulisan ini ditujukan terutama untuk mereka yang sudah pernah mempelajari Bahasa Inggris tingkat dasar (elementary students) dan menengah (intermediate students): SLTP & SLTA. Namun, bagi Anda yang masih menemukan kesulitan dalam membedakan penggunaan setiap fungsi tenses dan pengecualian-pengecualiannya juga akan terasa menolong dengan membaca guru ini. Tulisan ini akan berhasil secara maksimal bagi mereka yang belum pernah mempelajari Bahasa Inggris (beginner) bila didampingi seorang tutor.

Susunan Materi

             Pembahasan pertama diawali dengan Some Parts Of A Sentence (= bagian-bagian dari sebuah kalimat) dan kedua kalimat Eight Simple Sentence Patterns (= Sepuluh pola kalimat sederhana). Dii penghujung tulisan ini juga diberikan bagan kata kerja dalam kalimat Tenses pada Appendix (= Lampiran) 1, Appendix 2 berisi tentang daftar kata kerja tak beraturan dan artinya, dan Appendix 3 berisi tentang kata kerja yang lazimnya tidak dapat digunakan dalam bentuk sedang (continuous / progressive).

Cara penggunaan tulisan ini

             Tulisan ini tidak dikhususkan untuk dipelajari berturut-turut dari bagian awal sampai akhir. Anda mungkin saja memiliki masalah tenses tertentu atau pembahasan tertentu dalam tulisan ini, sehingga Anda bisa langsung ke inti pembahasan dari masalah Anda tersebut. Untuk hal demikian Anda disarankan:
  • baca daftar isi yang memuat penjelasan berkenaan dengan pokok masalah Anda,
  • pelajari penjelasan dan conto-contoh secara seksama,
  • kerjakan latihan (jangan lupa membaca perintah soal untuk pemahaman terhadap apa yang sedang Anda kerjakan),
  • perikasa jawaban Anda dengan kunci jawaban,
  • bila jawaban Anda salah, kaji kembali penjelasan dan contoh-contohnya untuk mengetahui letak kesalahan tersebut.
            Anda juga dapat menggunakan tulisan ini sebagai tulisan referensi bacaan tanpa perlu mengerjakan latihan-latihannya. Namun demikian, latihan-latihan akan sangat membantu di dalam mengukur pemahaman dan penguasaan Anda di dalam mempelajari materi-materi yang tersedia. Oleh karena itu, penulis menyarankan agar latihan-latihan tersebut dapat dikerjakan dengan sebaik-baiknya.
            Kata-kata yang digunakan di dalam contoh dan latihan disajikan sesederhana mungkin, walaupun demikian Anda mungkin menjumpai kata-kata ’sulit’, Anda bisa merujuk ke suatu kamus.

Pegangan Guru

            Living English Tenses terutama sebagai tulisan untuk Anda yang ingin belajar sendiri, meskipun demikian akan juga berguna bagi seorang guru Bahasa Inggris.      
           Suatu tenses yang Anda ajarkan kepada siswa Anda secara individu atau di dalam suatu kelas dapat merujuk ke topik pembahasan di waktu itu. Sebaiknya jadikanlah uraian pembahsan sebagai bahan kajian bersama siswa Anda secara aktif. Sehingga Anda dapat melakukan ‘role play’ bersamanya kemudian. Latihan-latihan yang tersedia dapat dikerjakan di kelas atau sebagai bahan pekerjaan rumah.

Ucapan terima kasih

             Saya dengan kerendahan hati ingin mengucapkan rasa syukur yang mendalam kepada Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat-Nya dan kekuatan besar kepada saya; sehingga terselesaikannya tulisan ini. Ucapan terima kasih dan sembah-sujud kepada the Mashuds my mom’n dad, isteri dan belahan hati Nandya Hatpis Mosque my beloved Dea, Kemal Hatpis Masajad, dan Aga Surya Prayoga, siswa-siswi dan para guru yang telah menggunakan materi ini sehingga terciptalah tulisan ini. Secara khusus saya ucapkan terima kasih kepada rekan sejawat di English Language Institute (ELI), Depok, SMK Setia Negara, Depok, dan SMIP Dharma Bhakti, Depok, semua staf International English Institute (IEI For everyone) atas segala bantuan dan dorongan yang tak ternilai harganya. Juga tidak terlupakan kepada bapak-bapak di PPPGK, Sawangan, dan semua yang tidak disebutkan namanya satu persatu atas segala inspirasi dan motivasinya.
             Akhirnya, the last but not the least, sejujurnya saya mengakui bahwa tulisan ini masih jauh dari kesempurnaan.
                Segala saran dan kritik membangun akan sangat diterima dan dihargai.

 Depok, Oktober 2009

 Penulis

berkirim e-mail
, klik imaji di atas.

Jika Anda merasa dan berpendapat tulisan ini bermanfaat dan berdayaguna untuk dijadikan sebagai bahan studi (pembelajaran dan perbandingan), namun di sisi lain perlu adanya revisi atau perbaikan isi dan penampilan.... Agar setiap catatan dan tulisan ini lebih bermakna untuk kepentingan khalayak, melalui pesan singkat ini Penulis berharap ada pembaca yang ikhlas dan siap menyisihkan untuk donasi via link PayPal di bawah ini. Dengan tidak mengurangi rasa keikhlasan dan hormat penulis kepada Anda, pengunjung yang budiman dan dermawan, terima kasih atas partisipasi yang telah diberikan. Salam sukses selalu.




Appendix 3. List of Irregular Verbs



Infinitive
Past Simple
Past participle

Infinitive
Past Simple
Past participle
1.
be
was/were
been
55.
make
made
made
2.
beat
beat
beaten
56.
mean
meant
meant
3.
become
became
become
57.
meet
met
met
4.
begin
began
begun
58.
pay
paid
paid
5.
bend
bent
bent
59.
put
put
put
6.
bet
bet
bet
60.
read
read
read
7.
bite
bit
bitten
61.
ride
rode
ridden
8.
blow
blew
blown
62.
ring
rang
rung
9.
break
broke
broken
63.
rise
rose
risen
10.
bring
brought
brought
64.
run
ran
run
11.
build
built
built
65.
say
said
said
12.
burst
burst
burst
66.
see
saw
seen
13.
buy
bought
bought
67.
seek
sought
sought
14.
catch
caught
caught
68.
sell
sold
sold
15.
choose
chose
chosen
69.
send
sent
sent
16.
come
came
come
70.
set
set
set
17.
cost
cost
cost
71.
sew
sewed
sewn/sewed
18.
cut
cut
cut
72.
shake
shook
shaken
19.
deal
dealt
dealt
73.
shine
shone
shone
20.
dig
dug
dug
74.
shoot
shot
shot
21.
do
did
done
75.
show
showed
shown
22.
draw
drew
drawn
76.
shrink
shrank
shrunk
23.
drink
drank
drunk
77.
shut
shut
shut
24.
eat
ate
eaten
78.
sing
sang
sung
25.
fall
fell
fallen
79.
sink
sank
sunk
26.
feed
fed
fed
80.
sit
sat
sat
27.
feel
felt
felt
81.
sleep
slept
slept
28.
fight
fought
fought
82.
speak
spoke
spoken
29.
find
found
found
83.
spend
spent
spent
30.
fly
flew
flown
84.
split
split
split
31.
forbid
forbade
forbidden
85.
spread
spread
spread
32.
forget
forgot
forgotten
86.
spring
sprang
sprung
33.
freeze
froze
frozen
87.
stand
stood
stood
34.
get
got
got
88.
steal
stole
stolen
35.
give
gave
given
89.
stick
stuck
stuck
36.
go
went
gone
90.
sting
stung
stung
37.
grow
grew
grown
91.
stink
stank
stunk
38.
hang
hung
hung
92.
strike
struck
struck
39.
have
had
had
93.
swear
swore
sworn
40.
hear
heard
heard
94.
sweep
swept
swept
41.
hide
hid
hidden
95.
swim
swam
swum
42.
hit
hit
hit
96.
swing
swung
swung
43.
hold
held
held
97.
take
took
taken
44.
hurt
hurt
hurt
98.
teach
taught
taught
45.
keep
kept
kept
99.
tear
tore
torn
46.
know
knew
known
100.
tell
told
told
47.
lay
laid
laid
101.
think
thought
thought
48.
lead
led
led
102.
thrown
threw
thrown
49.
leave
left
left
103.
understand
understood
understood
50.
lend
lent
lent
104.
wake
woke
woken
51.
let
let
let
105.
wear
wore
worn
52.
lie
lay
lain
106.
win
won
won
53.
light
lit
lit
107.
write
wrote
written
54.
lose
lost
lost





     
This is the end of the Appendix 3. Good luck.

Jika Anda merasa dan berpendapat tulisan ini bermanfaat dan berdayaguna untuk dijadikan sebagai bahan studi (pembelajaran dan perbandingan), namun di sisi lain perlu adanya revisi atau perbaikan isi dan penampilan.... Agar setiap catatan dan tulisan ini lebih bermakna untuk kepentingan khalayak, melalui pesan singkat ini Penulis berharap ada pembaca yang ikhlas dan siap menyisihkan untuk donasi via link PayPal di bawah ini. Dengan tidak mengurangi rasa keikhlasan dan hormat penulis kepada Anda, pengunjung yang budiman dan dermawan, terima kasih atas partisipasi yang telah diberikan. Salam sukses selalu.


         
Referensi:
1. Thomson, A.J., & Martinet, A.V., A Practical English Grammar, Oxford University
    Press, third
edition, Oxford, 1990
2. Murphy, Raymond, English Grammar In Use, Cambridge University Press, six 
   
printing, New York, 1988
3. Hornby, AS, Guide To Patterns And Usage In English, second edition, Oxford, 1975
4. Wishon, E., George, & Burks, M., Julia, Let’s Write English, American Book 
   
Company, revised edition, New York, 1988
5. English Alfa Books 1, 2, 3 and 4, Houghton Mifflin Company, Boston, 1980
6. Allen, W. Stannard, Living English Structure – A Practice Book For Foregin Students,
    P.T. Dian Rakyat – Longmans, second Dian Rakjat Impression, Djakarta, 1970
7. Dixson, Robeert J., Graded Exercises In English, Regents Publishing Company
   
Inc., a new  revised edition, USA., 1971
8. Taylor, Grant, Mastering American English, McGraw – Hill Book Company, Inc.,
    New York, 1956
9. John M. Echols, Hassan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia, PT. Gramedia
    Jakarta, Jakarta, 2000
10. John M. Echols, Hassan Shadily, Kamus Indonesia-Inggris Cetakan XXIV,
      PT. Gramedia Jakarta, Jakarta, 1990
11. Saefudin, A., Bunga Rampai EBTANAS Bahasa Inggris SMA, PT.Intan
     Pariwara, edisi kedua, Klaten, 1988
12. Simanjuntak, Herpinus, Bahasa Inggris Sistem 52 M Jilid 1, Kesaint Blanc,
     Jakarta, 1989
13. Sudrajat, M.T., & Besari, Ismail, Pembahasan Metoda 2000 Soal Bahasa Inggris, 
     
Penerbit M2S, Bandung, 1985
14. Wardiman, Artono, Drs., Buku Pelajaran Bahasa Inggris SMA I, II, III, Ganeca 
     
Exact, Bandung, 1988
15. http://www.englishclub.com/reading/proverbs-meaning.htm
16. http://www.tolearnenglish.com
17. http://www.iei.uiuc.edu/structure/Structure1/fieldadjs.html
18. http://www.englishbaby.com
19. http://www.ego4u.com/en/cram-up/grammar
20. http://www.esl-library.com
21. www.english-portal.net


Tentang Penulis

Banyak selebaran, flash card, ringkasan, buku kecil maupun buku-buku lainnya yang memuat tatabahasa Bahasa Inggris yang menjelaskan tenses sebatas pada uraian singkat, bahkan mungkin tanpa penjelasan apalagi fungsi-fungsi, contoh-contoh dan evaluasinya. Oleh karena itu, tak pelak lagi tulisan Living English Tenses ini merupakan salah satu sumber referensi lengkap bagi mereka yang ingin menguasai dan memperdalam keenam belas tenses Bahasa Inggris. Penulis yang berlatar belakang dari SMA Negeri 1 Depok (1988) Jurusan Bahasa dan Budaya (A4) dan IKIP Bandung (sekarang UPI Bandung) Jurusan Bahasa Inggris (1991) menuangkan materi-materinya berdasarkan pengalaman-pengalaman menelaah dan belajar-mengajar sebagai praktisi Bahasa Inggris di beberapa sekolah baik SLTP, SLTA atau perguruan tinggi maupun lembaga-lembaga informal kebahasaan.


Sementara pengalaman yang pernah dipetiknya sewaktu di Lembaga Pendidikan Yayasan “Setia Negara” yaitu Lokakarya Pemantapan Kurikulum 1994 Sekolah Menengah Kejuruan (14-15 Januari 1995), Pusdiklat LPIA, Zero Defect Quality (9-12 Juni 2003) merupakan hal yang sangat membantu alur penulisan naskah yang mudah dipahami bagi pembacanya. Contoh-contoh kalimat yang diberikan juga cukup praktis yang merupakan petikan pengalaman karya komunikatif semasa masih sebagai Visa Section Staff, Embassy of Japan at Jakarta (1994-1995), Personnel & General Affairs Staff, Nissho Iwai Corporation in Jakarta Office (1995-2000), SMK Izzata, Wakasek Kesiswaan & Kurikulum, School Administration and Management, (2004-2007), dan Student Apprentice CoordinatorPractical English Course, English Instructor and Branch Manager / Vice Head of Depok Division (2005-2006).
  

Saat ini penulis aktif sebagai pimpinan manajemen di lembaga International English Instittute (IEI) for everyone beserta rekan-rekannya yang menangani pendidikan dan pelatihan Bahasa Inggris secara komunikatif bagi para pesertanya, di samping juga melayani permintaan penerjemahan teks atau buku berbahasa Inggris dari kliennya dan mengajar di salah satu SMU suasta di Jakarta.


Jika Anda merasa dan berpendapat tulisan ini bermanfaat dan berdayaguna untuk dijadikan sebagai bahan studi (pembelajaran dan perbandingan), namun di sisi lain perlu adanya revisi atau perbaikan isi dan penampilan.... Agar setiap catatan dan tulisan ini lebih bermakna untuk kepentingan khalayak, melalui pesan singkat ini Penulis berharap ada pembaca yang ikhlas dan siap menyisihkan untuk donasi via link PayPal di bawah ini. Dengan tidak mengurangi rasa keikhlasan dan hormat penulis kepada Anda, pengunjung yang budiman dan dermawan, terima kasih atas partisipasi yang telah diberikan. Salam sukses selalu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 

© Bluberry Template Copyright by AGA COLLECTION

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks