i http://agacollection.blogspot.com/ Tahukah Anda... »» (?)

Kamis, 02 Desember 2010

Komposer Web Netscape: Tutorial Lanjutan 2


Panduan Sederhana Membuat Web Page
dengan Netscape Composer

Menu
Pendahuluan: Mendapatkan Software
Langkah Satu:
Membuka Program
Langkah Dua:
Memulai halaman web Anda
Langkah Tiga: Memberikan halaman judul dan deskripsi
Langkah Empat: Memilih warna untuk latar
belakang dan teks
Langkah Lima:
Memasukkan dan memformat teks
Langkah Enam: Menyimpan Halaman Anda Langkah Tujuh: Meninjau
ulang halaman Anda
Langkah Delapan:
Menambahkan garis
horisontal
Langkah Sembilan:
Menambahkan
hyperlink
Langkah Sepuluh:
Menyiapkan link
ke alamat e-mail Anda

SeaMonkey

Sumber Home

TUTORIAL WEB DENGAN KOMPOSER NETSCAPE
Tutorial Pendahuluan Tutorial Lanjutan 1 Tutorial Lanjutan 2 Tutorial Lanjutan 3

c. Tutorial Lanjutan 2: Langkah 1 - Langkah 10  

Netscape baru 8.x TIDAK termasuk Komposer. Untuk mengunduh Komposer 7.x atau 4.x, silahkan masuk ke halaman Arsip Netscape:

Di sini    atau     Di sini


Tujuan:
Pada akhir pelajaran ini, Anda dapat: Membuat halaman dengan teks dan fitur sederhana, seperti pemformatan teks, hyperlink, garis horizontal,  fitur yang sedikit lebih kompleks, seperti gambar, daftar bullet, tabel, dan mempublikasikan halaman Anda ke akun web Anda sehingga dunia bisa melihatnya. Setelah Anda merasa nyaman dengan ide dasar dari web-authoring, Anda dapat merevisi halaman Anda dan menambahkan fitur tambahan, tetapi Anda tidak perlu. Salah satu hal yang besar tentang Web adalah bahwa Anda dapat terus kembali dan merevisi dan memperbarui halaman sebagai sering atau sesedikit yang Anda inginkan.

Pendahuluan: Mendapatkan Software
Pertama, Anda memerlukan perangkat lunak yang disebut "Netscape Composer." Ini adalah sebuah program web-authoring termasuk sebagai salah satu dari beberapa komponen Netscape 7.x. 
Pengunduhan perangkat lunak: Jika Anda tidak memiliki Netscape di komputer Anda sendiri, Anda bisa mendapatkan paket standar secara gratis dari Netscape:

CATATAN (6/15/05): Netscape baru 8.x TIDAK termasuk Komposer. Untuk mengunduh Komposer 7.x atau 4.x, silahkan kunjungi halaman Arsip Netscape:
  •   Ikuti instruksi untuk mengunduh gratis 7.x
Dasar Instalasi Standar mencakup perangkat lunak Netscape Web Browser, Komposer, e-mail, dan kelompok diskusi. Standar dengan Semua Komponen meliputi beberapa plug-in multi-media yang bagus untuk dimiliki, bersama dengan unsur-unsur Penginstalasian Dasar.
"Unduh" berarti bahwa perangkat lunak sedang ditransfer dari situs Netscape atau lainnya, melalui koneksi Internet Anda ke komputer Anda. Untuk program perangkat lunak besar, ini dapat memakan cukup waktu beberapa jam. (Dengan modem 28,8, dibutuhkan sekitar satu jam. Ini akan lebih cepat pada waktu-waktu yang tidak padat koneksi, seperti pagi hari. Jika Anda berada pada koneksi jaringan di kampus, akan lebih cepat.) Anda juga dapat membeli program pada CD-rom di situs Netscape, yang mungkin lebih mudah daripada lama mengunduh melalui sambungan telepon yang lambat.
  • Jika Anda memiliki pilihan tentang tempat untuk meletakkan perangkat lunak dari download ini, tempatkan di dalam direktori "temp" atau "unduhan" pada hard drive Anda. (Perangkat lunak ini terlalu besar untuk sebuah disket.) Setelah Anda telah mengatur segalanya, Anda kemudian dapat mengembalikan dan mudah menghapus file unduhan untuk menghemat ruang pada hard disk.
====================================================

Langkah Satu: Membuka Program
Buka Netscape. Program pengaturan Anda mungkin menempatkan ikon short cut di desktop Windows Anda.
Klik ganda dan Netscape akan terbuka. (Jika Anda tidak dapat menemukan ikon-potong pendek, cari Netscape di menu Programs/Start.) Anda dapat menggunakan Komposer secara off-line. Jika Anda bekerja pada komputer Anda sendiri, Anda tidak perlu log in ke Internet Service Provider (ISP) karena Anda sendiri pembuat halaman tersebut. Netscape akan meminta Anda membuat sebuah profil pengguna pertama kali Anda menggunakannya. Anda akan melihat kotak dialog di layar pertama.
    Pada komputer Anda sendiri:
    • Atur profil berikut pertanyaan yang ditanyakan.
    • Pada waktu berikutnya, klik pada profil saat Anda memulai program.
    • Klik "Start Netscape."
    Di laboratorium kampus:
    • Klik pada profile "default" yang Anda lihat pada kotak dialog
    • Klik "Start Netscape."
Anda akan melihat sebuah layar yang terlihat sangat mirip dengan perangkat lunak web-browsing telah Anda gunakan sebelumnya, seperti versi sebelumnya dari Netscape Navigator atau Microsoft Internet Explorer. Pada komputer Anda sendiri, kotak dialog dapat memberitahu Anda bahwa Anda off-line. Tidak apa-apa. Klik "OK" dan lanjutkan saja. Kini beberapa komponen telah tersedia untuk Anda saat ini, termasuk Komposer.

Untuk membuka Komposer:
  • Masuk ke menu pull-down "Windows" di bagian atas.
  • Klik "Composer."
  • Atau, Anda juga dapat membuka Komposer dengan cara ini:
    • Carilah sekelompok simbol kecil di sudut kiri bawah pada jendela biasa.
    • Pada daftar ini tersedia program untuk Anda dengan simbol untuk masing-masing (Navigator/browser, Komposer, Mail dan Newsgroup, Instant Messenger, buku Alamat). Ketika Anda memegang tetikus Anda ke atas simbol sejenak, Anda akan melihat kata-kata memberitahu Anda deskripsi masing-masing simbol.
    • Klik pada tombol yang memperlihatkan Komposer.
Anda sekarang berada di layar yang sangat mirip dengan program pengolah kata seperti WordPerfect atau Word, dengan menu pull-down dan bar tombol di bagian atas. Pikirkan penulisan web (web-authoring) sebagai-program pengolah kata dengan perintah tambahan yang Anda gunakan untuk dimasukkan ke dalam fitur dari sebuah halaman web. Sama seperti itulah diperlukannya waktu untuk menemukan banyak fitur dari sebuah-program pengolah kata, dibutuhkan beberapa saat untuk mengeksplorasi semua fitur dari program web-authoring. Tapi Anda bisa menulis halaman dengan sempurna hanya dengan beberapa fitur, seperti halnya Anda melakukannya dengan pengolah kata.

====================================================

Langkah Dua: Memulai halaman web Anda
Pertama, Anda perlu memulai halaman baru, sama seperti yang Anda lakukan pada pengolah kata.

  •   Klik "New" pada bar tombol di atas ATAU masuk ke menu pull-down "file" dan pilih "baru."


Langkah Tiga: Memberikan halaman judul dan deskripsi
Berikan
identifikasi karakteristik tertentu pada halaman Anda.
  • Masuk ke menu pull-down "Format" dan pilih "judul halaman dan properti" (page title and properties).
  • Judul:
    Di ruang yang disebut "judul," memberikan nama pendek ke halaman
    sederhana Anda. Ini adalah apa yang orang akan lihat di bagian paling atas web browser ketika mereka melihat halaman Anda, jadi buat singkat dan sederhana. Judul untuk halaman ini adalah: "Web Page Konstruksi Menggunakan Composer" (Web Page Construction Using Composer) - itu apa yang Anda lihat di bagian atas layar Anda atau bagian atas print-out dari situs ini. (Ini bukan nama file yang akan Anda gunakan nanti untuk menyimpan halaman Anda.)
  • Pengarang:
    Dalam ruang yang disebut "penulis," ketik nama Anda.
  • Keterangan:
    Di ruang yang disebut "deskripsi," Anda dapat menempatkan sebuah deskripsi singkat. Hal ini akan muncul di beberapa mesin pencari jika mereka menemukan halaman Anda dalam pencarian web suatu hari nanti. Anda dapat biarkan kosong jika Anda inginkan.
Catatan: Kecuali untuk judul, tidak ada hal-hal lain akan muncul pada halaman Web Anda  sebenarnya yang orang akan lihat. Semua akan tertanam di halaman kode HTML. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang menulisnya semua untuk dipublikasikan secara "umum" sebagai bagian dari halaman Anda. Untuk menutup kotak dialog, klik "OK."

====================================================

Langkah Empat: Memilih warna untuk latar belakang dan teks
Pilih serangkaian warna dasar untuk latar belakang dan teks. 
Anda dapat kembali dan mengubah ini nanti jika Anda berubah pikiran.
  • Masuk ke menu pull-down "Format" dan pilih "warna halaman
    dan properti."
  • Jika Anda tidak melakukan apapun, halaman Anda akan diatur dengan "warna" default yang Anda lihat di sebelah kanan: mungkin latar belakang abu-abu atau putih, dengan huruf hitam, link aktif biru, dan link dikunjungi merah.
  • Untuk mengubah salah satu warna, klik "warna kustom." Kemudian klik pada kotak warna di sebelah kiri dari item yang ingin Anda ubah. Anda akan mendapatkan sebuah palet warna. Klik pada warna yang Anda inginkan. Anda akan melihatnya ditampilkan di sebelah kanan.
  • Bila Anda senang dengan skema warna Anda, klik "OK" dan kotak dialog akan tertutup.
PERHATIAN: Banyak halaman web tidak terbaca karena warna-warna teks tidak tampil dengan baik terhadap latar belakang. Pilih warna yang nantinya sangat jelas dan enak bagi si pembaca, bahkan mungkin bagi orang yang mencari halaman Anda dengan menggunakan monitor kecil dan laptop. Anda tidak akan dapat mengontrol penggunaan komputer siapapun secara tepat untuk melihat halaman Anda, sehingga terjadi kesalahan dalam penampakannya. Putih menjadi pilihan latar belakang untuk kemudahan pembacaan.
PERHATIAN: Masalah lain adalah menggunakan tipe pengetikan warna putih pada latar belakang yang gelap. Ini terlihat sangat bagus di layar. Tetapi jika seseorang ingin mencetak halaman Anda untuk referensi, itu tidak akan dapat tercetak. Mengapa? Karena latar belakang tidak dapt tercetak dan semua yang tersisa adalah ketikan warna putih - yang tidak akan muncul bila dicetak.

PERHATIAN: Jika Anda yakin dengan laporan berita, yang dilakukan minimal satu triliun orang baru mulai menggunakan Web setiap enam menit. Meskipun begitu, dapat secara aman dikatakan, bahwa banyak orang yang masih pemula (awam) melihat halaman Anda. Disarankan agar Anda tetap dengan skema warna yang akrab, terutama biru untuk link aktif dan merah untuk link yang dikunjungi, yang telah menjadi standar, untuk membuat halaman ramah pengguna Anda.


====================================================

Langkah Lima: Memasukkan dan memformat teks
Anda sekarang siap memasukkan teks, sama seperti yang Anda lakukan pada halaman pengolah kata.
Type a few lines. Ketik beberapa baris. Sebagai contoh:
    Jane  Bader, Professor of Jurisprudence Jane Bader, Profesor Yurisprudensi California State University, Long Beach California State University, Long Beach
Anda sekarang dapat mencoba format teks - lagi, sama seperti yang Anda lakukan dalam pengolah kata. Gunakan tetikus Anda untuk menyorot teks yang ingin Anda format. Kemudian:
  • Ukuran Teks (Text size): Untuk mengubah ukuran teks yang disorot, klik - atau + pada panel tombol bawah untuk menambah atau mengurangi ukuran teks.
  •  Jenis Ketebalan (Bold type): Untuk menempatkan teks yang disorot dalam huruf tebal, klik B tebal pada baris bawah bar tombol.
  • Miring (Italics): Untuk menempatkan teks yang disorot dalam huruf miring, klik dicetak miring (I) pada baris bawah bar tombol.
  • Garisbawah (Underlining): Untuk menggarisbawahi teks yang disorot, klik U pada baris bawah bar tombol.
  • Perataan (Alignment): Untuk memindahkan teks ke kiri atau terpusat, arahkan ke empat tombol di paling kanan dari baris bawah tombol bar, di mana Anda dapat memilih perataan (kiri, tengah, kanan, benar. (Jika Anda tidak melakukan apa-apa, rata kiri menjadi default.)
  • Jenis hurup (Font): Jika Anda mengarah ke menu drop-down format dan klik "font", Anda akan melihat daftar font yang tersedia. Anda dapat memilih salah satu font di sana untuk mengubah gaya font Anda.
    • PERHATIAN: orang yang melihat halaman Anda di internet akan dapat melihat font tersebut segala sesuatu yang HANYA dapat dimunculkan ke komputer orang itu sendiri. Mac dan PC sering memberikan nama yang berbeda untuk font mereka, kemungkinan adalah bahwa orang lain tidak akan melihat halaman Anda pada font yang Anda pilih. Amannya bagi Anda gunakan saja font default ("Times Roman"). Jika Anda merancang efek visual secara cerdas yang bergantung pada font yang tidak biasa, mereka mungkin muncul agak aneh di layar orang lain. Komposer menetapkan Arial dan Helvetica untuk kenyamanan (pada PC dan Mac untuk font yang sama) bagi Anda.
CATATAN: Sebagai alternatif untuk bar tombol, Anda juga dapat menggunakan pull-down menu "format" yang berisi daftar semua pilihan di atas untuk pemformatan.


====================================================

Langkah Enam: Menyimpan Halaman Anda
Kini setelah Anda telah memasukkan cukup banyak teks dan format, menyimpan halaman Anda menjadi ide yang baik. Anda menyimpan sebuah file, sama seperti Anda  menyimpan file pengolahan kata.
  • Klik tombol "save" pada bar tombol ATAU gunakan pull-down menu Berkas (File) dan klik "simpan."
  • Jika Anda di komputer Anda sendiri, Anda mungkin ingin membuat sebuah subdirektori web-dokumen khusus untuk menyimpan file Web Anda. Jika Anda di laboratorium kampus, simpan segala sesuatu ke sebuah flash disk atau disket sehingga Anda bisa mengambilnya.
  • Beri nama file Anda dengan huruf dan ekstensi .html (misalnya: filename.html). Jika program Anda tidak bisa memasukkan ke dalam .html, kemudian masukkan ke dalam .htm - Anda dapat menggantinya menjadi .html di lain waktu saat Anda ingin mempublikasikan halaman tersebut.
  • Nama file Anda harus dalam hurup kecil, tanpa spasi dan tanda baca. Mengapa? Karena pada akhirnya nama file ini akan dimuat ke server Unix CSULB - dan Unix tidak mengenali huruf besar, spasi, atau tanda baca dalam nama file. Beberapa program FTP lama (program yang akan Anda gunakan untuk "memuat" (load) file ") mengkonversi huruf besar menjadi huruf kecil selama proses transfer. Dengan menggunakan hurup kecil dari awal, Anda akan terhindar dari masalah nama file yang tidak konsisten di server dan pengkodean HTML Anda.
  • Nama file ini pada akhirnya akan menjadi bagian dari URL (Uniform Resource Locator: "alamat web") yang orang akan gunakan untuk menemukan halaman Anda, jadi pilihlah secara hati-hati. Untuk halaman "awal" Anda, gunakan index.html (untuk alasan ini kita akan bahas kemudian). Ketika Anda berencana pada masa yang akan datang  jenis halaman yang inginkan di situs Anda, pikirkan nama file yang masuk akal buat Anda dan mudah mengaturnya.
CATATAN: Beberapa-Web server akan mengenali nama file lebih dari 8 huruf, serta huruf besar dan kecil. Tetapi program yang Anda gunakan untuk mentransfer file ke server ("penerbitan halaman Anda") dapat mengubah nama file panjang ke dalam ~ ruang penempatan dan/atau mengubah segala sesuatu menjadi hurup kecil. Anda kemudian harus memberi nama kembali file pada akun Anda dengan program FTP. Untuk menghindari semua kerumitan ini: tetap dengan nama file sebelumnya - tidak lebih dari huruf dan huruf kecil. Setelah Anda tahu apa yang program FTP Anda dapat lakukan tanpa perubahan, Anda dapat menggunakan nama file yang lebih luas.

====================================================

Langkah Tujuh: Meninjau ulang halaman Anda
Halaman yang Anda sedang kerjakan itu mirip dengan cara yang akan muncul ketika seseorang melihatnya di web, tapi tidak sama persis.
Secara berkala, Anda harus "meninjau ulang" halaman Anda untuk melihat tampak seperti apa ketika seseorang melihatnya dengan browser-web.
  • Klik "browse" pada bar tombol.
  • Anda akan dihadapkan pada jendela browser dan Anda akan melihat seperti apa halaman terlihat pada waktu on-line.
  • Anda mungkin akan terkejut - fitur yang Anda masukkan tidak muncul persis seperti yang Anda harapkan, sehingga Anda perlu untuk kembali ke halaman pembuatan dan mencoba beberapa perubahan. Jarak spasi, misalnya, sering berbeda.
  • Untuk keluar dari browser / jendela pratinjau, klik tombol "X" di kanan atas dan akan menempatkan Anda kembali ke halaman pembuatan.
  • Jika Anda tidak dapat melihat "X", klik tombol "memaksimalkan" (maximize) (dua kotak berlapis-lapis satu sama lain). Kemudian klik tombol "X."
Jika Anda telah sampai pada titik ini, klik di sini untuk melanjutkan ke penerbitan halaman Anda ke Web.

====================================================

Langkah Delapan: Menambahkan garis horisontal
Salah satu fitur yang paling sederhana Anda dapat letakkan di halaman Anda untuk menambahkan daya tarik yaiyu garis horizontal.
Lebar dan tebalnya dapat bervariasi dan akan terlihat sangat bagus pada latar belakang berwarna.
  • Arahkan ke menu pull-down "memasukkan" (insert) dan klik "garis horizontal."
  • Berikut adalah apa yang Anda akan dapatkan:

Anda dapat mengubah lebar vertikal, lebar horisontal, atau keselarasan di halaman:
  • Tahan tombol tetikus Anda ke atas baris dan klik tombol kanan.
  • Anda akan mendapatkan menu pop-up. Klik "properti garis horizontal" (horizontal line properties)
  • Anda akan mendapatkan kotak dialog. Satu pilihan adalah lebar garis. Default-nya 100% tetapi Anda dapat menguranginya ke yang lebih kecil.
  • Anda juga dapat menggunakan kotak dialog untuk mengubah tinggi atau ketebalan baris, serta keselarasan pada halaman (kiri, tengah, kanan).
CATATAN UNTUK PENGGUNA MAC: Setiap kali petunjuk di sini mengatakan untuk mengklik tombol tetikus sebelah kanan, klik tombol tetikus tunggal Anda dua kali dengan cepat.

====================================================

Langkah Sembilan: Menambahkan hyperlink
Salah satu fitur utama dari World Wide Web adalah "hyperlink" yang Anda klik untuk masuk ke halaman web lain.
Untuk mengatur ini, Anda memerlukan URL lengkap ("alamat web") dari halaman di mana Anda ingin kirim agar orang mencari halaman Anda.
  • Pertama, ketik kata yang ingin disorot pada halaman Anda. Sebagai contoh:
      CSULB Home Page CSULB Home Page 
       
  • Sorot kata-kata dengan tetikus Anda.
  • Klik "Link" pada bar tombol ATAU arahkan ke pull-down menu "memasukkan" (insert) dan klik "link."
  • Anda akan mendapatkan kotak dialog dengan kata-kata tersorot di dekat bagian atas kotak.
  • Kursor akan berkedip pada baris kosong di tengah di mana Anda harus mengetikkan URL di mana Anda ingin kirim kepada orang-orang. Sebagai contoh, ketik URL untuk CSULB Home Page:
    • http://www.csulb.edu/ http://www.csulb.edu/
Klik "OK" dan jenis yang Anda pilih akan ditampilkan dalam warna biru digarisbawahi sebagai aktif "link".  

PERHATIAN: Jangan ketik sendiri yang diberi garisbawah dengan tombol format garis bawah. Halaman dialog "link" akan dimasukkan ke dalam garisbawah biru.
PERHATIAN: Jika Anda terus mengetik setelah membuat link, ketikan baru mungkin akan terus muncul pada garis bawah berwarna biru, meskipun Anda tidak ingin membuat link lain. Hal ini tampaknya merupakan bug di Komposer. Untuk menyiasati, ketik beberapa kata, lalu sorot teks baru, klik "link," memastikan semuanya kosong dalam ruang alamat http pada bagian tengah, klik "OK" dan biru harus dimatikan.

====================================================

Langkah Sepuluh: Menyiapkan link ke alamat e-mail Anda
Untuk kenyamanan orang-orang yang mengunjungi halaman Anda, Anda masukkan alamat e-mail Anda sehingga orang bisa berhubungan dengan Anda. Ini akan menjadi lebih nyaman jika Anda mengatur sebuah "hyperlink" pada alamat e-mail Anda: bila seseorang mengklik itu, akan muncul alamat pra-mail dengan segera di layar.
Here's how to set that up: Berikut adalah cara mengaturnya:
  • Ketik alamat e-mail Anda, misalnya: name@csulb.edu
  • Sorot alamat e-mail yang telah ditentukan dengan tetikus Anda
  • Klik "link" sama seperti yang Anda lakukan untuk hyperlink biasa
  • Pada ruang kosong di mana Anda akan mengetik URL, ketik:
    • mailto:nama@gmail.com        atau      mailto:nama@yahoo.com  
    Ganti nama dengan nama akun Anda sendiri untuk "nama." Perlu dicatat bahwa tidak ada jarak dalam hal ini. Ini adalah kesalahan yang paling umum, jadi sekali lagi ditegaskan bahw: tidak ada jarak dalam hal ini.
  • Klik "OK"
  • Sekarang alamat e-mail Anda akan muncul sebagai link aktif.

====================================================

SeaMonkey
Halaman yang sedang Anda baca ini dibuat dengan menggunakan SeaMonkey.

Seluruh keterangan bisa berubah setiap waktu tanpa pemberitahuan

Ngobrol-ngobrol:

Halaman ini dibuat dan diperbarui oleh D.A. Satriadi
Halaman ini terakhir diperbarui pada: 30/11/2010 21:13


Sumber
Special thanks to http://www.csulb.edu/%7Ejvancamp/ Julie Van Camp, Professor of Philosophy, California State University, Long Beach; Walter Gajewski, Webmaster/Consultant, New Media Center, CSULB

Menu
Pendahuluan: Mendapatkan Software
Langkah Satu:
Membuka Program
Langkah Dua: Memulai halaman web Anda Langkah Tiga: Memberikan halaman judul dan deskripsi
Langkah Empat: Memilih warna untuk latar
belakang dan teks
Langkah Lima:
Memasukkan dan memformat teks
Langkah Enam: Menyimpan Halaman Anda Langkah Tujuh: Meninjau
ulang halaman Anda
Langkah Delapan:
Menambahkan garis
horisontal
Langkah Sembilan:
Menambahkan
hyperlink
Langkah Sepuluh:
Menyiapkan link
ke alamat e-mail Anda

SeaMonkey

Sumber Home


TUTORIAL WEB DENGAN KOMPOSER NETSCAPE
Tutorial Pendahuluan Tutorial Lanjutan 1 Tutorial Lanjutan 2 Tutorial Lanjutan 3

© Nopember 2010 D.A. Satriadi

0 komentar:

Posting Komentar

 
 

© Bluberry Template Copyright by AGA COLLECTION

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks