Tempat Pemesanan Pakaian Terlengkap & Termurah Celana Legging,
Hotpants, Sontok, Kolor, Aladin) Panjang / Pendek dan Kaos
('Tersanjung', Singlet, Batik)
Cipayung, Depok, Jawa Barat,
Indonesia, Kode Pos 16437,
LIVING ENGLISH TENSES
by D.A. Satriadi
Apa yang akan Anda jumpai pada tulisan ini?
Daftar Isi - Pendahuluan-untuk pelajar - Pegangan Guru - Ucapan terima kasih - Some Parts Of A Sentence - Eight Simple Sentence Patterns - Sixteen ( 16) Tenses of the verb - The Simple Present Tense - Exercises (= latihan) - The Present Continuous Tense - Exercises - The Present Perfect Tense - Exercises - The Present Perfect Continuous Tense - Exercises - The Simple Past Tense - Exercises
- The Past Continuous
Tense - Exercises - The Past Perfect Tense -
Exercises - The Past
Perfect Continuous Tense - Exercises - The
Simple Future Tense
- Exercises - The Future
Continuous Tense - Exercises - The
Future Perfect Tense - Exercises - The Future Perfect Continuous Tense
- Exercises - The Past Future Tense -
Exercises - The Past Future
Continuous Tense - Exercises - The
Past
Future Perfect Tense - Exercises - The Past Future Perfect Continuous
Tense - Exercises - Appendix 1 Verb Tenses
Chart - Appendix 2 Graphic
Comparison - Appendix 3 List of
Irregular Verbs - Appendix 4
Verbs that cannot usually be used in Continuous or Progressive Forms
-
References
Pendahuluan
-
untuk pelajar
Banyak
sekali
orang
yang
mempelajari
Bahasa
Inggris
yang
khawatir
sekali
berkenaan
dengan
tenses.
Seandainya
Anda
menghentikan 100
(seratus) penutur asli Bahasa Inggris di jalanan dan menanyakan kepada
mereka tentang tenses ini, salah satu dari mereka mungkin memberikan
sebuah jawaban cerdas – itupun jika Anda beruntung. Sisanya yang 99
(Sembilan Puluh Sembilan) hanya mengetahui sedikit tentang
istilah-istilah seperti "past perfect" atau "present continuous". Dan
mereka tidak akan mengetahui hal yang berkenaan dengan aspek, kalimat
atau rasa (mood).
Tapi,
mereka
dapat
berbicara
Bahasa
Inggris
dengan
lancar
dan
berkomunikasi
dengan
efektif.
Tentu
saja,
untuk
Bahasa
Inggris
sebagai
bahasa
kedua
(English
as a Second
Language – ESL) akan
terasa membantu mengenal beragam tenses,
namun
hal
tersebut
jangan
menghantui
pikiran. Jadilah seperti para penutur tadi! Berbicaralah
secara wajar dan alamiah!
Living
English
Tenses
adalah
sebuah tulisan, yang bukan saja sebagai
dewi penolong, tetapi juga merupakan tulisan referensi dan latihan
lengkap tentang Tenses Bahasa Inggris bagi para pelajar yang diracik
untuk Anda yang ingin memperdalam banyak hal tentang kalimat satu
dengan lainnya di dalam TENSES.
Tulisan
ini
dapat
membantu
dalam
menjawab
pertanyaan-pertanyaan
Anda,
seperti:
- Unsur-unsur apa sajakah yang terdapat di dalam suatu kalimat sederhana?
- Bagaimana penerapan jenis-jenis kata di dalam pola kalimat sederhana?
- Bagaimana pembuatan pola kalimat setiap tenses?
- Kapankah kita dapat menggunakan The Simple Present Tense, The Simple Past Tense, The Simple Future Tense, The Past Future Tense, The Past Future Tense, dan seterusnya?
- Kata kerja apa sajakah yang secara umum tidak dapat digunakan
dalam bentuk Continuous?
Pertanyaan-pertanyaan lainnya
dapat dijawab oleh tulisan ini.
Tingkat
Tulisan
ini
ditujukan
terutama
untuk
mereka
yang
sudah
pernah
mempelajari
Bahasa
Inggris tingkat dasar (elementary
students)
dan
menengah
(intermediate
students): SLTP & SLTA. Namun, bagi Anda
yang masih menemukan kesulitan dalam membedakan penggunaan setiap
fungsi tenses
dan pengecualian-pengecualiannya juga akan terasa
menolong dengan membaca guru ini. Tulisan ini akan berhasil secara
maksimal bagi mereka yang belum pernah mempelajari Bahasa Inggris
(beginner)
bila didampingi seorang tutor.
Susunan Materi
Pembahasan
pertama
diawali
dengan
Some
Parts Of A Sentence
(=
bagian-bagian dari sebuah kalimat) dan kedua kalimat Eight Simple
Sentence Patterns (= Sepuluh pola kalimat sederhana). Dii
penghujung
tulisan ini juga diberikan bagan kata kerja dalam kalimat Tenses pada
Appendix (=
Lampiran) 1, Appendix
2 berisi tentang daftar kata kerja
tak beraturan dan artinya, dan Appendix
3
berisi tentang kata kerja
yang lazimnya tidak dapat digunakan dalam bentuk sedang (continuous /
progressive).
Cara
penggunaan tulisan ini
Tulisan
ini
tidak
dikhususkan
untuk
dipelajari
berturut-turut
dari
bagian
awal
sampai
akhir. Anda mungkin saja memiliki masalah tenses
tertentu atau pembahasan tertentu dalam tulisan ini, sehingga Anda bisa
langsung ke inti pembahasan dari masalah Anda tersebut. Untuk hal
demikian Anda disarankan:
- baca daftar isi yang memuat penjelasan berkenaan dengan pokok masalah Anda,
- pelajari penjelasan dan conto-contoh secara seksama,
- kerjakan latihan (jangan lupa membaca perintah soal untuk pemahaman terhadap apa yang sedang Anda kerjakan),
- perikasa jawaban Anda dengan kunci jawaban,
- bila
jawaban Anda salah, kaji kembali penjelasan dan contoh-contohnya
untuk mengetahui letak kesalahan tersebut.
Anda
juga
dapat
menggunakan
tulisan
ini
sebagai
tulisan
referensi
bacaan
tanpa perlu mengerjakan latihan-latihannya. Namun demikian,
latihan-latihan akan sangat membantu di dalam mengukur pemahaman dan
penguasaan Anda di dalam mempelajari materi-materi yang tersedia. Oleh
karena itu, penulis menyarankan agar latihan-latihan tersebut dapat
dikerjakan dengan sebaik-baiknya.
Kata-kata
yang
digunakan
di
dalam
contoh
dan
latihan
disajikan
sesederhana
mungkin,
walaupun demikian Anda mungkin menjumpai kata-kata
’sulit’, Anda bisa merujuk ke suatu kamus.
Pegangan Guru
Living
English
Tenses terutama sebagai tulisan untuk Anda yang ingin
belajar sendiri, meskipun demikian akan juga berguna bagi seorang guru
Bahasa Inggris.
Suatu tenses yang Anda
ajarkan kepada siswa Anda secara individu atau di
dalam suatu kelas dapat merujuk ke topik pembahasan di waktu itu.
Sebaiknya jadikanlah uraian pembahsan sebagai bahan kajian bersama
siswa
Anda secara aktif. Sehingga Anda dapat melakukan ‘role play’ bersamanya
kemudian. Latihan-latihan yang tersedia dapat dikerjakan di kelas atau
sebagai bahan pekerjaan rumah.
Ucapan terima
kasih
Saya
dengan
kerendahan
hati
ingin
mengucapkan
rasa
syukur
yang
mendalam
kepada
Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat-Nya dan kekuatan besar
kepada saya; sehingga terselesaikannya tulisan ini. Ucapan terima kasih
dan sembah-sujud kepada the Mashuds
my mom’n dad,
isteri
dan
belahan
hati
Nandya
Hatpis
Mosque
my
beloved Dea,
Kemal Hatpis Masajad, dan Aga
Surya Prayoga, siswa-siswi dan para guru yang telah menggunakan materi
ini sehingga terciptalah tulisan ini. Secara khusus saya ucapkan terima
kasih kepada rekan sejawat di English
Language
Institute (ELI), Depok,
SMK Setia Negara, Depok, dan SMIP Dharma Bhakti, Depok, semua staf
International
English Institute (IEI For
everyone)
atas
segala
bantuan
dan
dorongan
yang
tak
ternilai
harganya.
Juga
tidak
terlupakan
kepada
bapak-bapak
di
PPPGK,
Sawangan,
dan
semua
yang
tidak
disebutkan
namanya
satu persatu atas segala inspirasi dan motivasinya.
Akhirnya,
the last but not the least,
sejujurnya saya mengakui bahwa tulisan ini masih jauh dari kesempurnaan.
Segala
saran
dan
kritik
membangun
akan
sangat
diterima
dan
dihargai.
Depok, Oktober 2009
Penulis
Depok, Oktober 2009
Penulis
berkirim e-mail, klik imaji di atas.
1. Subject ( Pokok Kalimat)
I
|
:
|
Kata ganti
orang pertama tunggal
|
My name is
Evi. I am a girl.
|
||
You
|
:
|
Kata ganti
orang kedua tunggal/jamak
|
Your name
is Brandon. You are a boy. (tunggal)
Your names are Titi and Lani. You are students. (jamak) |
||
We
|
:
|
Kata ganti
orang pertama jamak
|
Nur, Nisa,
Lola and I are girls. We like English.
|
||
They
|
:
|
Kata ganti
orang ketiga benda atau hewan jamak.
|
Dodi and
Dodo are here. They are studying English.
The books are mine. They are all over the floor. |
||
He
|
:
|
Kata ganti
orang ketiga tunggal laki-laki
|
Fajar has
a book. He always reads it.
|
||
She
|
:
|
Kata ganti
orang ketiga tunggal perempuan.
|
Pipit will
buy an English dictionary. She wants to learn English.
|
||
It
|
:
|
Kata ganti
benda/hewan
|
My cat is
black. It is in the cage. This is a spoon. It is dirty. |
2. Verb (kata kerja)
Infinitive: Kata kerja dasar
V (dance, do)
To Infinitive: Kata kerja dasar dengan to
(to dance, to do)
I often dance Kecak with my friends at the studio.
The students do their homework seriously.
Ika wanted to do the job at home last night.
V1 : dance/do
V1 (S) : dances
V1 (es) : does
V V2 : danced (regular verb/v.r)
V2 : did (irregular verb/v.i)
V3 : danced (v.r)
V3 : done (v.i)
Catatan:
Regular verb (Kata kerja beraturan)
Irregular verb (Kata kerja tak beraturan)
Contoh bentuk kata-kata kerja di atas di dalam kalimat dapat Anda simak pada penjelasan setiap tenses.
3. Object (obyek)
Obyek kalimat dapat berasal dari kata-kata berikut, di antaranya adalah:
a. Personal pronoun: me, you, us, them, him, her, it.
You hate me.
Don’t blame us for what you have done.
I have a car, take it if you want to.
b. Names of things: table, chair, chalk, soup, book, etc.
Wiwik bought a table for her family two days ago.
They didn’t have soup for dinner last night.
c. Names of persons: John, Jane, John and Jane, the Johns, etc.
We need John to solve these problems.
Can you pick the Johns up?
d. Names of animals: cat, buffalo, cow, cat and cow, etc.
I have a cat and cow at home.
e. Names of tress: coconut tree, papaya tree, coconut and mango trees, etc.
The farmers plant coconut trees to strengthen dikes in rice fields.
f. Names of places: Jakarta, Bandung, California, Indonesia, USA, Ciliwung,
Mississippi, etc.
Factory has polluted Ciliwung river.
4. Adverb (kata keterangan)
Di dalam Bahasa Inggris ada 8 jenis kata keterangan
(adverb), yaitu: adverb of manner, adverb of place, adverb
of
certainty, adverb of degree, adverb of time, adverb of frequency,
interrogative, dan relative.
Di
sini
penulis
membatasi pembahasan hanya
pada adverb of time dan adverb of
frequency.
Adverb of time (kata keterangan waktu): every, today, now, at this moment, by now, yesterday, this, last, ago, since, for.
Every week we go to swim in the swimming pool.
People are reading this book now.
Did you realize what you did to me yesterday?
Adverb of Frequency (tingkat keseringan)
- berkonotasi positif: always, usually, often, sometimes
- berkonotasi negatif: never, hardly ever, rarely, seldom
Students should always obey their parents.
Mr. Awaludin often helps his colleagues, doesn’t he?
I have never gone to America.
You hardly ever say hello to him, do you?
Inilah kata-kata yang Anda akan
pergunakan untuk dirangkai menjadi sebuah kalimat. Hanya ada 8 jenis
kata – dan kata yang sangat penting yaitu Kata kerja!
English Parts of Speech (Jenis Kata Bahasa Inggris)
Tip
|
|
|
Ada ribuan kata pada bahasa apapun. Tapi,
tidak semua kata memiliki tugas yang sama. Misalnya, beberapa kata
mengungkapkan "tindakan". Kata-katayang lain menyatakan suatu "hal".
Kata-kata lainnya "menghubungkan" satu kata dengan kata lain. Hal ini
merupakan "balok-balok bangunan" dari bahasa. Bayangkan hal tersebut
seperti bagian-bagian sebuah rumah. Ketika kita ingin membangun sebuah
rumah, kita akan menggunakan beton untuk membuat pondasi atau landasan.
Kita menggunakan batu-batu untuk membuat dinding-dinding. Kita
menggunakan kusen-kusen untuk membuat jendela-jendela, dan
kerangka-kerangka pintu untuk membuat jalan masuk. Dan kita menggunakan
semen untuk menyatukannya bersama-sama. Setiap bagian memiliki tugasnya
masing-masing. Dan ketika kita ingin membangun sebuah kalimat, kita
akan menggunakan jenis-jenis kata yang berbeda. Setiap jenis kata
memiliki tugasnya masing-masing. Kita dapat mengkategorikan kata-kata
Bahasa Inggris ke dalam 8 kelompok atau jenis dasar. Kelompok-kelompok
ini disebut "jenis-jenis kata".
Mengenali jenis-jenis kata cukup penting. Hal ini membantu Anda
menganalisa kalimat-kalimat dan memahaminya. Hal itu juga akan terasa
membantu Anda membangun kalimat-kalimat yang baik. Di bawah ini Anda dapat menjumpai
gambaran ikhtisar atas delapan jenis kata.
Parts of Speech Table (Tabel Jenis Kata)
Ini merupakan sebuah ringkasan 8 jenis kata.*.
jenis kata
|
fungsi atau "tugas"
|
contoh kata
|
contoh
kalimat
|
Verb
|
tindakan
atau keadaan
|
(to) be,
have, do, like, work, sing, can, must
|
EnglishClub.com
is a web site. I like EnglishClub.com.
|
Noun
|
benda atau
orang
|
pen, dog,
work, music, town, London, teacher, John
|
This is my
dog. He lives in my house. We live in London.
|
Adjective
|
menggambarkan
sebuah
benda
|
a/an, the,
69, some, good, big, red, well, interesting
|
My dog is big.
I
like
big dogs.
|
Adverb
|
menggambarkan
sebuah
kata
kerja,
kata
sifat
atau
kata keterangan
|
quickly,
silently, well, badly, very, really
|
My dog
eats quickly. When he is very hungry, he eats really
quickly.
|
Pronoun
|
menggantikan
sebuah
kata
benda
|
I, you,
he, she, some
|
Tara is
Indian. She is beautiful.
|
Preposition
|
menghubungkan
sebuah
kata
benda
kepada
kata
lain
|
to, at,
after, on, but
|
We went to
school on Monday.
|
Conjunction
|
menghubungkan
klausa-klausa,
kalimat-kalimat
atau
kata-kata
|
and, but,
when
|
I like
dogs and I like cats. I like cats and dogs. I like dogs
but I don't like cats.
|
Interjection
|
kata seru
singkat, kadang-kadang yang disisipkan ke dalam sebuah kalimat
|
oh!,
ouch!, hi!, well
|
Ouch! That
hurts! Hi! How are you? Well, I don't know.
|
* Beberapa sumber tatabahasa
mengkategorikan Bahasa Inggris menjadi 9
atau 10 bagian jenis kata.
Di sini, kita menggunakan
kategori tradisionil dari
8
parts of speech. Contoh-contoh kategori
lainnya adalah:
• Kata kerja dapat dikelompokkan menjadi dua jenis kata yang berbeda:
o Lexical Verbs (Kata kerja): work, like, run, dan sebagainya.
o Auxiliary Verbs (Kata bantu kata kerja): be, have, must, dan sebagainya.
• Determiners (= salah satu kelompok kata benda terbatas yang menentukan
• Kata kerja dapat dikelompokkan menjadi dua jenis kata yang berbeda:
o Lexical Verbs (Kata kerja): work, like, run, dan sebagainya.
o Auxiliary Verbs (Kata bantu kata kerja): be, have, must, dan sebagainya.
• Determiners (= salah satu kelompok kata benda terbatas yang menentukan
sifat suatu frase kata benda yang dirujuknya)
dapat dikelompokkan sebagai
sebuah jenis kata yang terpisah, daripada masuk kategori di dalam kata
sifat.
Parts of Speech Examples (Contoh-contoh Jenis Kata)
Beberapa kalimat berikut yang tersusun atas jenis-jenis kata yang berbeda:
|
|
|
|
|
|
|
pronoun
|
verb
|
preposition
|
adjective
|
noun
|
adverb
|
She
|
ran
|
to
|
the
|
station
|
quickly.
|
pron.
|
verb
|
adj.
|
noun
|
conjunction
|
pron.
|
verb
|
pron.
|
She
|
likes
|
big
|
snakes
|
but
|
I
|
hate
|
them.
|
Kalimat di bawah ini mengandung setiap jenis kata:
interjection
|
pron.
|
conj.
|
adj.
|
noun
|
verb
|
prep.
|
noun
|
adverb
|
Well,
|
she
|
and
|
young
|
John
|
walk
|
to
|
school
|
slowly.
|
Words with More than One Job (Kata dengan Lebih dari Satu Tugas)
Banyak kata dalam Bahasa Inggris
dapat memiliki lebih dari satu tugas, atau menjadi lebih dari satu
jenis kata. Misalnya, "work" bisa menjadi sebuah kata kerja dan sebuah
kata benda; "but" bisa menjadi sebuah kata penghubung (konjugasi) dan
sebuah kata depan (preposisi); "well" bisa menjadi sebuah kata sifat,
sebuah kata keterangan dan sebuah kata seru (interjeksi). Sebagai
tambahan, banyak kata benda bisa bertindak sebagai kata sifat.
Untuk menganalisa jenis kata,
tanyakan kepada diri Anda sendiri: "Apakah tugas dan fungsi kata ini
dalam kalimat tersebut?"
Pada tabel di bawah ini, Anda bisa
menjumpai beberapa contoh. Tentu saja, ada lebih banyak kata lagi
bahkan untuk beberapa kata di dalam tabel ini. Pada kenyataannya, jika
Anda melihat artinya pada sebuah kamus yang baik Anda akan menjumpai
kata tersebut memiliki enam tugas yang berfungsi sebagai:
• verb (kata kerja), noun (kata benda), adverb (kata keterangan), pronoun
(Kata ganti orang / benda), preposition (kata depan) dan conjunction
(kata penghubung).
word
(kata)
|
part of
speech
(jenis
kata)
|
Example
(contoh)
|
work
|
noun (N)
|
My work
is easy.
|
verb (V)
|
I work
in London.
|
|
but
|
conjunction
(Conj)
|
John came but
Mary didn't come.
|
preposition
(Prep)
|
Everyone
came but Mary.
|
|
well
|
adjective
(Adj)
|
Are you well?
|
adverb
(Adv)
|
She speaks
well.
|
|
interjection
(Interj)
|
Well! That's
expensive!
|
|
afternoon
|
noun (N)
|
We ate in
the afternoon.
|
noun
acting as adjective (kata benda bertindak sebagai kata sifat)
|
We had afternoon
tea.
|
Catatan:
noun
(kata benda), verb (kata
kerja),
conjunction (kata penghubung),
preposition (kata depan), adjective
(kata sifat), adverb (kata
keterangan), interjection
(kata seru), noun
(kata benda), noun acting as
adjective (kata benda bertindak sebagai
kata sifat).
1. S + V
I study. (Saya belajar.)
The moon rose. (Bulan bersinar.)
The car won’t start. (Mobil itu tidak akan hidup.)
2. V
Study ! (Belajarlah!)
Go. (Pergi.)
3. V + O
Study English. (Belajar Bahasa Inggris.)
Look at me! (Lihat diriku!)
Help the needy. (Bantu orang yang membutuhkan pertolongan.)
4. S + V + O
I study English. (Saya belajar Bahasa Inggris.)
She needed me. (Ia membutuhkan saya.)
He nodded (his) approval. (Ia mengangguk setuju.)
5. S + v + Adv. of time
I study every day. (Saya belajar setiap hari.)
We get up every morning. (Kami/kita bangun tidur tiap hari.)
The boy slept last night. (Anak laki-laki itu tidur kemarin malam.)
6. S + Adv . of frequency + V + O
I always study English. (Saya selalu belajar Bahasa Inggris.)
You’ll never leave me. (Kau tak akan pernah meninggalkan diriku.)
He sometimes misses you. (Ia terkadang merindukanmu.)
7. S + V + O + Adv. of time
I study English every week. (Saya Belajar Bahasa Inggis tiap minggu.)
We all had a good time in 1988. (Kita mengalami masa indah di tahun 1988.)
They aren’t making a joke now. (Mereka tidak sedang bercanda sekarang.)
Will you please call me later? (Sudikah Anda meneleponku nanti?)
8. S + Adv. of frequency + V + O + Adv. of time
I always study English every day. (Saya selalu belajar Bahasa Inggris setiap hari.)
Dea often helps her parents every Sunday and Friday. (Dea sering membantu
orang tuanya tiap hari Minggu dan Jumat.)
He usually doesn’t want it afterwards.
(Ia biasanya tidak menginginkannya setelah itu.)
16 (Sixteen)
Tenses of the Verb
Di dalam tulisan ini terdapat dua
puluh satu materi pembahasan,
enam
belas di antaranya mengenai tenses.
Dalam
setiap
pelajaran
kami
melihat
dua aspek dari
tersebut:
- Struktur: Bagaimanakah kita membuat itu?
- Penggunaan: Kapan dan mengapa kita
menggunakan tenses
tersebut?
Beberapa
pelajaran
melihat
pada
aspek-aspek
tambahan,
dan
pemabahasannya diselesaikan dengan evaluasi berupa latihan-latihan
untuk memeriksa pemahaman Anda.
Tata Bahasa Inggris memiliki 16 (enam belas) bentuk tenses, yaitu:
2. The
Present Continuous Tense
3. The Present Perfect Tense
4. The Present Perfect Continuous Tense
5. The Simple Past Tense
6. The Past Continuous Tense
7. The Past Perfect Tense
8. The Past Perfect Continuous Tense
9. The Simple Future Tense
10. The Future Continuous Tense
11. The Future Perfect Tense
12. The Future Perfect Continuous Tense
13. The Past Future Tense
14. The Past Future Continuous Tense
15. The Past Future Perfect Tense
16. The Past Future Perfect Continuous Tense.
Keenam belas bentuk tenses tersebut di atas memiliki keunikan fungsi masing-masing.
Berbeda dengan Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia tidak mengenal tenses. Jadi, wajarlah banyak tulisan-tulisan Tata Bahasa Inggris yang menerangkan secara berbeda terjemahan arti kata dalam Bahasa Indonesia. Dalam hal ini, penulis lebih setuju dengan arti tenses sebagai penanda atau pembatas suatu gerakan / aktifitas yang dilaksanakan atau terlaksanakan di waktu lampau, sekarang atau di masa depan.
Referensi:
1. Thomson, A.J., & Martinet, A.V., A Practical English Grammar, Oxford University Press,
third edition, Oxford, 19903. The Present Perfect Tense
4. The Present Perfect Continuous Tense
5. The Simple Past Tense
6. The Past Continuous Tense
7. The Past Perfect Tense
8. The Past Perfect Continuous Tense
9. The Simple Future Tense
10. The Future Continuous Tense
11. The Future Perfect Tense
12. The Future Perfect Continuous Tense
13. The Past Future Tense
14. The Past Future Continuous Tense
15. The Past Future Perfect Tense
16. The Past Future Perfect Continuous Tense.
Keenam belas bentuk tenses tersebut di atas memiliki keunikan fungsi masing-masing.
Berbeda dengan Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia tidak mengenal tenses. Jadi, wajarlah banyak tulisan-tulisan Tata Bahasa Inggris yang menerangkan secara berbeda terjemahan arti kata dalam Bahasa Indonesia. Dalam hal ini, penulis lebih setuju dengan arti tenses sebagai penanda atau pembatas suatu gerakan / aktifitas yang dilaksanakan atau terlaksanakan di waktu lampau, sekarang atau di masa depan.
1. Thomson, A.J., & Martinet, A.V., A Practical English Grammar, Oxford University Press,
2. Murphy, Raymond, English Grammar In Use, Cambridge University Press, six printing,
New York, 1988
3. Hornby, AS, Guide To Patterns And Usage In English, second edition, Oxford, 1975
4. Wishon, E., George, & Burks, M., Julia, Let’s Write English, American Book Company,
revised edition, New York, 1988
5. English Alfa Books 1, 2, 3 and 4, Houghton Mifflin Company, Boston, 1980
6. Allen, W. Stannard, Living English Structure – A Practice Book For Foregin Students, P.T. Dian
Rakyat – Longmans, second Dian Rakjat Impression, Djakarta, 1970
7. Dixson, Robeert J., Graded Exercises In English, Regents Publishing Company Inc., a new
revised edition, USA., 1971
8. Taylor, Grant, Mastering American English, McGraw – Hill Book Company, Inc., New York, 1956
9. John M. Echols, Hassan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia, PT. Gramedia Jakarta, Jakarta, 2000
10. John M. Echols, Hassan Shadily, Kamus Indonesia-Inggris Cetakan XXIV, PT. Gramedia
Jakarta, Jakarta, 1990
11. Saefudin, A., Bunga Rampai EBTANAS Bahasa Inggris SMA, PT.Intan Pariwara, edisi kedua,
Klaten, 1988
12. Simanjuntak, Herpinus, Bahasa Inggris Sistem 52 M Jilid 1, Kesaint Blanc, Jakarta, 1989
13. Sudrajat, M.T., & Besari, Ismail, Pembahasan Metoda 2000 Soal Bahasa Inggris,
Penerbit M2S, Bandung, 1985
14. Wardiman, Artono, Drs., Buku Pelajaran Bahasa Inggris SMA I, II, III, Ganeca Exact,
Bandung, 1988
15. http://www.englishclub.com/reading/proverbs-meaning.htm
16. http://www.tolearnenglish.com
17. http://www.iei.uiuc.edu/structure/Structure1/fieldadjs.html
18. http://www.englishbaby.com
19. http://www.ego4u.com/en/cram-up/grammar
20. http://www.esl-library.com
21. www.english-portal.net
Tentang Penulis
Banyak
selebaran, flash card,
ringkasan, buku kecil maupun buku-buku lainnya
yang memuat tatabahasa Bahasa Inggris yang menjelaskan tenses sebatas
pada uraian singkat, bahkan mungkin tanpa penjelasan apalagi
fungsi-fungsi, contoh-contoh dan evaluasinya. Oleh karena itu, tak
pelak lagi tulisan Living English
Tenses ini merupakan salah satu
sumber referensi lengkap bagi mereka yang ingin menguasai dan
memperdalam keenam belas tenses
Bahasa Inggris. Penulis yang berlatar
belakang dari SMA Negeri 1 Depok (1988) Jurusan Bahasa dan Budaya (A4)
dan IKIP Bandung (sekarang UPI Bandung) Jurusan Bahasa Inggris (1991)
menuangkan materi-materinya berdasarkan pengalaman-pengalaman menelaah
dan belajar-mengajar sebagai praktisi Bahasa Inggris di beberapa
sekolah baik SLTP, SLTA atau perguruan tinggi maupun lembaga-lembaga
informal kebahasaan.
Sementara pengalaman yang pernah
dipetiknya sewaktu di Lembaga Pendidikan Yayasan “Setia Negara” yaitu
Lokakarya Pemantapan Kurikulum 1994 Sekolah Menengah Kejuruan (14-15
Januari 1995), Pusdiklat LPIA, Zero
Defect Quality (9-12 Juni 2003)
merupakan hal yang sangat membantu alur penulisan naskah yang mudah
dipahami bagi pembacanya. Contoh-contoh kalimat yang diberikan juga
cukup praktis yang merupakan petikan pengalaman karya komunikatif
semasa masih sebagai Visa Section
Staff, Embassy of Japan at
Jakarta
(1994-1995), Personnel & General Affairs Staff, Nissho Iwai
Corporation in Jakarta Office (1995-2000), SMK Izzata, Wakasek
Kesiswaan & Kurikulum, School
Administration and Management,
(2004-2007), dan Student Apprentice
Coordinator, Practical
English
Course, English Instructor
and
Branch Manager / Vice Head of
Depok
Division (2005-2006).
Saat
ini
penulis
aktif
sebagai
pimpinan
manajemen
di
lembaga
International
English
Instittute
(IEI) for everyone beserta
rekan-rekannya yang menangani pendidikan dan pelatihan Bahasa Inggris
secara komunikatif bagi para pesertanya, di samping juga melayani
permintaan penerjemahan teks atau buku berbahasa Inggris dari kliennya
dan mengajar di salah satu SMU suasta di Jakarta.
0 komentar:
Posting Komentar