i http://agacollection.blogspot.com/ Tahukah Anda... »» (?)

Rabu, 22 Desember 2010

The Simple Present Tense by D.A. Satriadi


Aga Collection
Tempat Pemesanan Pakaian Terlengkap & Termurah Celana Legging, Hotpants, Sontok, Kolor, Aladin) Panjang / Pendek dan Kaos ('Tersanjung', Singlet, Batik)
Cipayung, Depok, Jawa Barat, Indonesia, Kode Pos 16437, 
HP.: 081281821603,   E-mail:


Produk-produk berkualitas kami terdiri dari berbagai macam kualitas sesuai pesanan Anda.
THE SIMPLE PRESENT TENSE
by D.A. Satriadi

Apa yang akan Anda jumpai pada tulisan ini?
Daftar Isi - Pendahuluan-untuk pelajar - Pegangan Guru - Ucapan terima kasih - Some Parts Of A Sentence - Eight Simple Sentence Patterns - Sixteen ( 16) Tenses of the verb - The Simple Present Tense - Exercises (= latihan) - The Present Continuous Tense - Exercises - The Present Perfect Tense - Exercises - The Present Perfect Continuous Tense - Exercises - The Simple Past Tense - Exercises - The Past Continuous Tense - Exercises - The Past Perfect Tense - Exercises - The Past Perfect Continuous Tense - Exercises - The Simple Future Tense  -  Exercises - The Future Continuous Tense - Exercises - The Future Perfect Tense - Exercises - The Future Perfect Continuous Tense - Exercises - The Past Future Tense - Exercises - The Past Future Continuous Tense - Exercises - The Past Future Perfect Tense - Exercises - The Past Future Perfect Continuous Tense - Exercises - Appendix 1 Verb Tenses Chart - Appendix 2 Graphic Comparison -  Appendix 3 List of Irregular Verbs - Appendix 4 Verbs that cannot usually be used in Continuous or Progressive Forms - References  
Jika Anda merasa dan berpendapat tulisan ini bermanfaat dan berdayaguna untuk dijadikan sebagai bahan studi (pembelajaran dan perbandingan), namun di sisi lain perlu adanya revisi atau perbaikan isi dan penampilan.... Agar setiap catatan dan tulisan ini lebih bermakna untuk kepentingan khalayak, melalui pesan singkat ini Penulis berharap ada pembaca yang ikhlas dan siap menyisihkan untuk donasi via link PayPal di bawah ini. Dengan tidak mengurangi rasa keikhlasan dan hormat penulis kepada Anda, pengunjung yang budiman dan dermawan, terima kasih atas partisipasi yang telah diberikan. Salam sukses selalu.



1. The Simple Present Tense

           The Simple Present Tense secara umum dapat Anda gunakan untuk kegiatan yang dilakukan sehari-hari atau peristiwa yang berlangsung terus-menerus dan menjadi kebiasaan. Dalam tense ini terdapat dua struktur kalimat, pertama menggunakan atau linking verb be (kata kerja penghubung), yaitu am, is dan are. Kata kerja ini dapat berarti ada, berada, adalah, tapi padanannya tersebut sering kali tidak diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia sama sekali. Bentuk negative am not, is not, dan are not. Sedangkan bentuk interrogative (pertanyaan) dibuat dengan menempatkan kata kerja sebelum subyek: Am I….?, Is he…..?, Is she….?,  Is it….?, Are you….?, Are we…..?, Are they……?, dan seterusnya. (peniadaan) dibuat dengan menambahkan kata setelah kata kerja tersebut:

            Contracted forms (= bentuk-bentuk penyingkatan) yang biasanya terdapat dalam kalimat percakapan informalI am = I'm, you are = you're, we are = we're, they are = they're, he is = he's, she is = she's, it is = it's, is not = isn't, dan are not = aren't. Di dalam kalimat linking verb menghubungkan subyek dengan noun, adjective, adverb atau prepositional phrase of place sebagai complement (pelengkap penderita, penyerta, pelaku). Perhatikan perbedaannya di bawah ini:

I am a student. (student adalah jenis kata benda)

She is not stupid. (stupid adalah jenis kata sifat)
Are you still there? (there adalah jenis kata keterangan)
They are in the living room. (in the living room adalah frase kata kata depan menyatakan tempat)

            Struktur kalimat lainnya menggunakan kata kerja utama (main verb) yang memiliki arti masing-masing, seperti: eat – (makan), eats, gogoes (pergi), playplays (bermain / memainkan), speakspeaks (berbicara), dan sebagainya. Setelah subyek I, you, we, dan they diikuti kata kerja dasar: I eat, you eat, we eat, dan they eat, Toni and Teni eat, the teachers eat dan seterusnya, namun setelah subyek he, she, it diikuti kata kerja dasar ditambah partikel -s atau -es: he eats, she eats, it eats, Jane eats, the rabbit eats, dan seterusnya.


           Kata bantu do untuk subyek: I, you, we, they, dan does untuk subyek: he, she, it digunakan dalam kalimat negative dan interrogative. Bentuk contracted (= penyingkatan ) do not = don't, dan does not = doesn't. Di dalam kalimat tertulis seperti berikut: I don't, you don't, we don't, they don't, he doesn't, she doesn't, it doesn't, do I ….?, do you ….?, do we....? do they ….?, do Dony and Kemal …..?, do Ita and her friends …..?, does he ….?, does she ….?, does it….?, does Devi …..?, does the crocodile ……?, dan seterusnya. Untuk diperhatikan, di dalam bentuk kalimat negative atau interrogative menggunakan kata kerja bentuk dasar (V1).

             Dalam tense ini seringkali digunakan kata keterangan, seperti: always, (=selalu), often (=sering), usually (=biasanya), sometimes (=kadang-kadang), normally (=umumnya), seldom (=jarang), never (=tidak pernah), every … (=setiap …….) yang acapkali terdapat kalimat ini.


Jika Anda merasa dan berpendapat tulisan ini bermanfaat dan berdayaguna untuk dijadikan sebagai bahan studi (pembelajaran dan perbandingan), namun di sisi lain perlu adanya revisi atau perbaikan isi dan penampilan.... Agar setiap catatan dan tulisan ini lebih bermakna untuk kepentingan khalayak, melalui pesan singkat ini Penulis berharap ada pembaca yang ikhlas dan siap menyisihkan untuk donasi via link PayPal di bawah ini. Dengan tidak mengurangi rasa keikhlasan dan hormat penulis kepada Anda, pengunjung yang budiman dan dermawan, terima kasih atas partisipasi yang telah diberikan. Salam sukses selalu.



Pola kalimat dengan Linking Verb (kata kerja penghubung / verb be):

(+) S + linking verb (be: am / is / are) + O/Adv.
(-)  S + linking verb (be: am / is / are) + not + O/Adv.
(?) Be + S + O/Adv.

Pola kalimat dengan Main Verb (kata kerja utama):

(+) S + V1 (s / es) + O/Adv.
(-)  S + do / does + not + V1 + O/Adv.
(?) Do / Does + S + + V1 + O/Adv.


Fungsi dan Contoh:

i.
The Simple Present Tense untuk menyatakan perbuatan yang dilakukan 
   berulang-ulang atau menjadi kebiasaan.
  • I go to school every day.
  • He always gets up at seven o'clock.            
  • Do you always get up so late?
  • We take a bath at six o'clock every day.

ii. untuk menyatakan kebenaran umum yang tidak dapat dibantah.
  • The sun rises in the east.
  • The sun sets in the west.            
  • The cat meows.
  • A week has seven days.
  • The earth goes round the sun.
 
iii. untuk menyatakan fakta.
  • He loves football.
  • She is Indonesian.
  • IEI lies in the center section of town.
  • Legislative assembly represents their people in the parliament.

iv. untuk menyatakan tindakan yang sudah diatur oleh suatu daftar 
     atau jadual atau direncanakan akan berlangsung di masa yang 
     akan datang.
  • He plays football every Tuesday.
  • When the bell rings, the students rise from their seats.
  • Moslems pray five times a day.
  • Mr. Aga attends the Board of Directors meeting tomorrow.
  • What do you want to do after this?
  • The American tourists arrive at New Depok terminal tomorrow.
  • It is 7 o'clock now. The next train leaves at 7:20.
  • The bus leaves at 9:00 tonight as usual.

v. untuk menyatakan suatu tindakan yang berlangsung setelah 
    tindakan lainnya.
  • He plays football and then he goes home.
  • If Charlie speaks Indonesian well, his father will buy him a sport car.
  • He says that he will look for a job next week.
  • I know that she is going to win that prize.
  • Mary says that she can play the piano.
  • James tells his friends that Boris and Andy are good tennis players.
  • We hope that you can speak English better.

vi. untuk membicarakan tentang frequency (tingkat keseringan).
  • This computer is always used by Mr. Kemal. (passive voice)
  • They do not often have bread for breakfast every morning.
  • We seldom drink coffee.
  • He rarely goes to shool by his own car.
Jika Anda merasa dan berpendapat tulisan ini bermanfaat dan berdayaguna untuk dijadikan sebagai bahan studi (pembelajaran dan perbandingan), namun di sisi lain perlu adanya revisi atau perbaikan isi dan penampilan.... Agar setiap catatan dan tulisan ini lebih bermakna untuk kepentingan khalayak, melalui pesan singkat ini Penulis berharap ada pembaca yang ikhlas dan siap menyisihkan untuk donasi via link PayPal di bawah ini. Dengan tidak mengurangi rasa keikhlasan dan hormat penulis kepada Anda, pengunjung yang budiman dan dermawan, terima kasih atas partisipasi yang telah diberikan. Salam sukses selalu.



Are you ready for the above test? Visit by clicking it down below.

EXERCISES

I. Choose A, B, C, D, or E as the best answer by crossing (X) it.

   (Pililah A, B, C, D, atau E  jawaban yang paling benar dengan 
   memberi tanda silang.)

    1. They …………music.
        A. can’t       B. like      C. are       D. likes        E. be
 

    2. I …… my bicyle to school every day.
        A. ride         B.‘m ride        C.riding         D. rides        E. rider


    3. You…… tennis on Saturday.
        A. plays        B. playing        C. is playing        D. play       E. to play


    4. I …… my lessons at SMEA Setia Negara every day.
        A. study       B. studies       C. studying       D. studied       E. to study 


    5. You…… my friends at school now.
        A. am        B. is       C.are        D. is         E. were


    6. She ……. a trip together every month.
        A. take        B. takes        C. to take        D. took        E. taken


    7. He…. not kiss his son before going to school every morning.
        A. is                 B.are                C. was               D. do              E. does


    8. The dog ….. not stay outside every night.
        A. was              B. is                 C. do              D. does              E. did


    9. …. the school give best of the best student a scholarship?
        A. Does            B. Do               C. Is               D. Was               E. Doing


    10. Ari and Ira …. not walk to school every day?
          A. did               B. do                C. does          D. doing E. done


    11. ….they …. Emglish to Dea at school every day?
          A. Do-speaks   
         C. Does-speaks          E. Does-spoke      
          B. Does-speak           D. Do-speak   

    12. Rini:    Excuse me. Do you know where to go the railway station? 

           Ricky: …. . I’m sorry.
           A. Yes                       
C. Yes, I do                     E. No, I don’t
           B. No, I do                 D. Yes, I don’t     
                           
    13. Tom …. his father’s camera.
           A. uses          B. using          C. like      D. have         E. break


    14. Alan …. TV in the evening.
          A. watching         B. like         C. has        D. watches            E. is


    15. Helen … her schedule every week.
          A. change        B. taking       C. changes       D. like        E. find   

     
    16. Do we have to take our raincoats? Yes, you…. .
          A. have            B. does          C. has           D. do            E. are      

   
    17. “What time is it?” Helen ….. .
           A. say       B. saying        C. ask        D. asks        E. tells    

            
    18. They …. want an expensive watch. They want an inexpensive one.
           A. doesn’t         B. are        C. can        D. like        E. don’t      

             
    19. …. this your tie, Peter? No, it’s not mine.
          A. Does         B. Do        C. Did         D. Are         E. Is  

          
    20. They ….. breakfast at 7.40 every day.
           A. eat         B. eating        C. eats         D. is          E. are
 





II. Complete the sentences below by using verb be. (Lengkapilah kalimat-
    kalimat di bawah ini dengan menggunakan kata kerja be.)
 
    1.
I ……… American.
 

    2. She ………. not my sister.
 

    3. ……… you Mr. Eddy?
 

    4. How old ………. you?
 

    5. ………….. Ann Chinese?  
 

    6. It …….. not a motorcycle. It’s a bicycle.
 

    7. Hallo, my name ……Dian. And you?
 

    8. You and I ……… good friends.
 

    9. Peter ………… eighteen years old.
 

    10. …….. I Jakartan? Yes, you are.
 

 
III. Change the paragraph below into the negative form. (Rubahlah paragraf 

     di bawah ini ke dalam bentuk negatif.) 
     

            I get up at 5 o’ clock every morning. I make a bed (merapihkan). I take a bath. I pray. I have my breakfast. I prepare my books, a pen or a pencil, and a bag. I read my lessons again for 10 minutes. I put them in my bag. I am ready to go to school now. I tell my parents. I kiss their hands. At 6:30 I go to school on foot.
       ........……………………...…………………………………………………
........……………………...……………………………………………………….
........……………………...……………………………………………………….
........……………………...……………………………………………………….
........……………………...……………………………………………………….
........……………………...……………………………………………………….
 

IV. Rewrite the paragraph above by changing I into He. (Tulis kembali 
      paragraf di atas dengan mengubah I menjadi He.)

         ........……………………...…………………………………………………
........……………………...……………………………………………………….
........……………………...……………………………………………………….
........……………………...……………………………………………………….
........……………………...……………………………………………………….


                                 

This is the end of The Simple Present Tense tutorial. Good luck.

Jika Anda merasa dan berpendapat tulisan ini bermanfaat dan berdayaguna untuk dijadikan sebagai bahan studi (pembelajaran dan perbandingan), namun di sisi lain perlu adanya revisi atau perbaikan isi dan penampilan.... Agar setiap catatan dan tulisan ini lebih bermakna untuk kepentingan khalayak, melalui pesan singkat ini Penulis berharap ada pembaca yang ikhlas dan siap menyisihkan untuk donasi via link PayPal di bawah ini. Dengan tidak mengurangi rasa keikhlasan dan hormat penulis kepada Anda, pengunjung yang budiman dan dermawan, terima kasih atas partisipasi yang telah diberikan. Salam sukses selalu.


Referensi:
1. Thomson, A.J., & Martinet, A.V., A Practical English Grammar, Oxford University
    Press, third
edition, Oxford, 1990
2. Murphy, Raymond, English Grammar In Use, Cambridge University Press, six 
   
printing, New York, 1988
3. Hornby, AS, Guide To Patterns And Usage In English, second edition, Oxford, 1975
4. Wishon, E., George, & Burks, M., Julia, Let’s Write English, American Book 
   
Company, revised edition, New York, 1988
5. English Alfa Books 1, 2, 3 and 4, Houghton Mifflin Company, Boston, 1980
6. Allen, W. Stannard, Living English Structure – A Practice Book For Foregin Students,
    P.T. Dian Rakyat – Longmans, second Dian Rakjat Impression, Djakarta, 1970
7. Dixson, Robeert J., Graded Exercises In English, Regents Publishing Company
   
Inc., a new  revised edition, USA., 1971
8. Taylor, Grant, Mastering American English, McGraw – Hill Book Company, Inc.,
    New York, 1956
9. John M. Echols, Hassan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia, PT. Gramedia
    Jakarta, Jakarta, 2000
10. John M. Echols, Hassan Shadily, Kamus Indonesia-Inggris Cetakan XXIV,
      PT. Gramedia Jakarta, Jakarta, 1990
11. Saefudin, A., Bunga Rampai EBTANAS Bahasa Inggris SMA, PT.Intan
     Pariwara, edisi kedua, Klaten, 1988
12. Simanjuntak, Herpinus, Bahasa Inggris Sistem 52 M Jilid 1, Kesaint Blanc,
     Jakarta, 1989
13. Sudrajat, M.T., & Besari, Ismail, Pembahasan Metoda 2000 Soal Bahasa Inggris, 
     
Penerbit M2S, Bandung, 1985
14. Wardiman, Artono, Drs., Buku Pelajaran Bahasa Inggris SMA I, II, III, Ganeca 
     
Exact, Bandung, 1988
15. http://www.englishclub.com/reading/proverbs-meaning.htm
16. http://www.tolearnenglish.com
17. http://www.iei.uiuc.edu/structure/Structure1/fieldadjs.html
18. http://www.englishbaby.com
19. http://www.ego4u.com/en/cram-up/grammar
20. http://www.esl-library.com
21. www.english-portal.net



Jika Anda merasa dan berpendapat tulisan ini bermanfaat dan berdayaguna untuk dijadikan sebagai bahan studi (pembelajaran dan perbandingan), namun di sisi lain perlu adanya revisi atau perbaikan isi dan penampilan.... Agar setiap catatan dan tulisan ini lebih bermakna untuk kepentingan khalayak, melalui pesan singkat ini Penulis berharap ada pembaca yang ikhlas dan siap menyisihkan untuk donasi via link PayPal di bawah ini. Dengan tidak mengurangi rasa keikhlasan dan hormat penulis kepada Anda, pengunjung yang budiman dan dermawan, terima kasih atas partisipasi yang telah diberikan. Salam sukses selalu.



Tentang Penulis
Banyak selebaran, flash card, ringkasan, buku kecil maupun buku-buku lainnya yang memuat tatabahasa Bahasa Inggris yang menjelaskan tenses sebatas pada uraian singkat, bahkan mungkin tanpa penjelasan apalagi fungsi-fungsi, contoh-contoh dan evaluasinya. Oleh karena itu, tak pelak lagi tulisan Living English Tenses ini merupakan salah satu sumber referensi lengkap bagi mereka yang ingin menguasai dan memperdalam keenam belas tenses Bahasa Inggris. Penulis yang berlatar belakang dari SMA Negeri 1 Depok (1988) Jurusan Bahasa dan Budaya (A4) dan IKIP Bandung (sekarang UPI Bandung) Jurusan Bahasa Inggris (1991) menuangkan materi-materinya berdasarkan pengalaman-pengalaman menelaah dan belajar-mengajar sebagai praktisi Bahasa Inggris di beberapa sekolah baik SLTP, SLTA atau perguruan tinggi maupun lembaga-lembaga informal kebahasaan.


Sementara pengalaman yang pernah dipetiknya sewaktu di Lembaga Pendidikan Yayasan “Setia Negara” yaitu Lokakarya Pemantapan Kurikulum 1994 Sekolah Menengah Kejuruan (14-15 Januari 1995), Pusdiklat LPIA, Zero Defect Quality (9-12 Juni 2003) merupakan hal yang sangat membantu alur penulisan naskah yang mudah dipahami bagi pembacanya. Contoh-contoh kalimat yang diberikan juga cukup praktis yang merupakan petikan pengalaman karya komunikatif semasa masih sebagai Visa Section Staff, Embassy of Japan at Jakarta (1994-1995), Personnel & General Affairs Staff, Nissho Iwai Corporation in Jakarta Office (1995-2000), SMK Izzata, Wakasek Kesiswaan & Kurikulum, School Administration and Management, (2004-2007), dan Student Apprentice CoordinatorPractical English Course, English Instructor and Branch Manager / Vice Head of Depok Division (2005-2006).
  

Saat ini penulis aktif sebagai pimpinan manajemen di lembaga International English Instittute (IEI) for everyone beserta rekan-rekannya yang menangani pendidikan dan pelatihan Bahasa Inggris secara komunikatif bagi para pesertanya, di samping juga melayani permintaan penerjemahan teks atau buku berbahasa Inggris dari kliennya dan mengajar di salah satu SMU suasta di Jakarta.


Jika Anda merasa dan berpendapat tulisan ini bermanfaat dan berdayaguna untuk dijadikan sebagai bahan studi (pembelajaran dan perbandingan), namun di sisi lain perlu adanya revisi atau perbaikan isi dan penampilan.... Agar setiap catatan dan tulisan ini lebih bermakna untuk kepentingan khalayak, melalui pesan singkat ini Penulis berharap ada pembaca yang ikhlas dan siap menyisihkan untuk donasi via link PayPal di bawah ini. Dengan tidak mengurangi rasa keikhlasan dan hormat penulis kepada Anda, pengunjung yang budiman dan dermawan, terima kasih atas partisipasi yang telah diberikan. Salam sukses selalu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 

© Bluberry Template Copyright by AGA COLLECTION

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks